MINAT BELAJAR
SISWA DESA SAKATIGA SEBERANG KECAMATAN INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA
SELATAN
SKRIPSI SARJANA S.I
Diajukan untuk memenuhi
salah satu syarat memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan
Islam (S.Pd.I)
Oleh :
MUSTAINAH
NIM/NIMKO : 2013.01.079/ 890-5498.076
Program Studi Pendidikan Agama Islam
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL
QUR’AN AL ITTIFAQIAH
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA
SELATAN
KOPERTAIS WILAYAH VII
SUMATERA BAGIAN SELATAN
2015
Kepada Yth.
Hal: Pengantar Skripsi Bapak Ketua Sekolah
Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-qur’an Al-Ittifaqiah
di
Indralaya
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Setelah mengadakan pemeriksaan
dan perbaikan - perbaikan seperlunya, maka skripsi saudara Mustainah yang berjudul : “Minat
Belajar Siswa di Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir
Sumatera Selatan” sudah dapat diajukan dalam sidang munaqosyah Sekolah
Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (STITQI) Indralaya Ogan Ilir
Sumatera Selatan.
Demikianlahterimakasih.
Wassalam,
Indralaya, 13 Maret 2015
Pembimbing I Pembimbing
II
M.
MuttaqinM.Pd.i. Salman M. Ag.
Skripsi berjudul :
Minat Belajar Siswa Di Desa
Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan
yang ditulis oleh MUSTAINAH, NIM/NIMKO : 2013.01.079/ 890-5498.076
telah dimunaqosahkan dan dipertahankan
di depan Panitia Penguji Skripsi
pada tanggal, 13 Maret 2015
Skripsi ini telah diterima sebagai salah satu
syarat memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan Islam ﴾S.Pd.I﴿
Indralaya, 13 Maret 2015
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al Qur’an al
Ittifaqiah
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Panitia Penguji Skripsi
Ketua, Sekretaris,
Mukhyidin, M.A Umi Rosidah M. A
Penguji
Utama : Drs. H. Isa Anshary Muta’al, Lc. M.Hum ( )
Anggota
Penguji : Dolla Sobari, M.Ag ( )
Mengesahkan
Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah al Qur’an al
Ittifaqiah
Mukhyidin, M.A
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
“ Usaha keras itu tidak akan mengkhianati”
“ Seberapa pun berat cobaan hidup,
hadapi dengan kesabaran”
Ku persembahkan Kepada :
Ø Agamaku
Ø Ayahanda dan ibunda tercinta yang
telah mendidik dan membesarkan serta senantiasa mendoakanku
Ø Ayuk dan Dedek saudaraku yang selalu memberikan semangat
Ø Almamaterku
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT, berkat rahmat, nikmat, taufik dan hidayah-Nya jualah penulis dapat menyelesaikan
skripsi sederhana ini. Sholawat beserta salam semoga Allah curahkan kepada Nabi besar
Muhammad SAW. Beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang
tetap istiqomah hingga akhir zaman.
Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan
Islam di Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Qur’an Al-Ittifaqiah
(STITQI) Indralaya Ogan Ilir.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini belum dapat dikatakan baik apalagi sempurna.
Kekurangan dan kesalahan akan
ditemui di sana sini, oleh karena itu, kritik dan saran merupakan harapan bagi
penulis, yang sangat diperlukan demi kesempurnaan skripsi ini.
Akhirnya penulis mohon maaf
atas segala kekhilafan dan kepada Allah penulis mohon ampun. Semoga skripsi ini
dapat bermanfaat bagi semua pihak, khusunya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu
Tarbiyah Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (STITQI) Indralaya Ogan Ilir.
Indralaya, 13 Maret 2015
Penulis
MUSTAINAH
NIM.2013.01.079/
890-5498.076
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL………………………………....................... i
PENGANTAR PEMBIMBING…………………………………. ii
HALAMAN
PENGESAHAN……………………………………. iii
MOTTO DAN
PERSEMBAHAN………………………………...iv
KATA PENGANTAR……………………………………………... v
DAFTAR ISI………………………………………………………. vi
DAFTAR TABEL………………………………………………….vii
ABSTRAK………………………………………………………….viii
BAB I : PENDAHULUAN 1
A.
LatarBelakangMasalah………………………………...... 1
B.
RumusanMasalah……………………………… ……… 2
C. Tujuan dan Kegunaan
Penelitian……………………….. 3
D. Tinjauan Pustaka………………………………………... 5
E. Kerangka Teoritis……………………………………….. 8
F.
VariabelPenelitian………………………………………. 15
G.
DefinisiOperasional…………………………………….. 18
H.
HipotesisPenelitian……………………………………… 20
I.
MetodelogiPenenelitian…………………………………. 28
J.
SistematikaPembahasan………………………………… 34
BAB II : PENUTUP 60
A.
Kesimpulan ……………………………………………. …. 62
B.
Saran- saran………………………………………………… 63
DAFTAR TABEL
Tabel1 :KeadaanMinatBelajarBerdasarkankelompok............................... 18
Tabel2 :JenisKegiatan Para Anak-anak..................................................... 20
Tabel3 :JenisInformasi............................................................................... 28
Tabel4 :KeadaanPendidikanMasyarakat.................................................... 30
Tabel5 :KeadaanBangunanPendidikan...................................................... 38
Tabel6 :JumlahPenduduk........................................................................... 40
Tabel7 :Jumlah Media belajar.................................................................... 42
ABSTRAK
“Minat Belajar Siswa Di
Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Kabupaten OganIlir Sumatera Selatan”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah
1) bagaimana tingkat ketertarikan para siswa di Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Ogan Ilir,
2) bagaimana tingkat penididikan anak di desa Sakatiga Seberang, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Minat belajar anak di desa Sakatiga Seberang,
1) bagaimana tingkat ketertarikan para siswa di Desa Sakatiga Seberang Kecamatan Indralaya Ogan Ilir,
2) bagaimana tingkat penididikan anak di desa Sakatiga Seberang, Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Minat belajar anak di desa Sakatiga Seberang,
Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Sakatiga Seberang Indralaya Ogan Ilir berjumlah
600 kepala keluarga sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian Anak yang
masih sekolah dengan jumlah 150 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan Angket,
observasi, wawancara, dokumentasi, untukmenganalisa data yang
diperoleh dari lapangan digunakan Moment.
Setelah dihimpun dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa Minat belajar anak
di desa Sakatiga Seberang masih sangat tinggi. Adapun saran penulis kepada anak-anak
agar tetap terus belajar dengan giat dan tetap selalu bertawal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar